Jaringan Komputer

Standar

A. Mengenal Jaringan Komputer
1. Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan satu sama lain sehingga dapat berbagi sumber daya. Komputer dapat membentuk jaringan jika minimal terdapat dua buah komputer yang saling terhubung. Setiap peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.
2. Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan memungkinkan pengaturan sumber daya lebih efisien.
Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan tetap up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda atau menbatasi akses ke data.
Jaringan mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan lebih cepat dan mudah dibandingkan sarana berbagi data lain.
Jaringan memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Misalnya surat dan penyampaian pesan elektronik, sistem penjadwalan, pamantauan proyek, konferensi online dan groupware.
Jaringan membantu usaha pelayanan klien secara lebih efektif. Akses jarak jauh ke pusat data memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan sekaligus menghubungi atasan.
3. Tipe Jaringan
1) Jaringan Workgroup
Terdiri atas beberapa unit komputer yang dihubungkan dengan menggunakan Network Interface Card (NIC) atau yang biasa disebut Local Area Network (LAN) Card, dan kabel BNC atau UTP. Keuntungannya :
Pemakaian afile dan printer secara bersama-sama (file and printer sharing).
Akses data dari/ke unit komputer lain dapat dibatasi dengan tingkat sekuritas pada password yang diberikan.
Apabila salah satu unit komputer terhubung dengan modem, semua atau sebagian unit komputer pada jaringan ini dapat mengakses ke jaringan internet.

2) Jaringan LAN
LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer yang terdiri atas beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server).
Keuntungan :
Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah.
Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client.
File-file dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan sehingga keamanan terjamin.
File yang keluar-masuk server dapat dikontrol.
Proses backup data lebih mudah dan cepat.
Resiko kehilangan data oleh virus menjadi kecil.
Apabila terhubung dengan modem semua bagian komputer dapat mengakses ke jaringan internet.
3) Jaringan WAN
WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan atau workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan modem dan jaringan internet dari atau ke kantor pusat, kantor cabang,maupun antarkantor cabang. Jaringan ini dilakukan dengan cepat dan biaya murah. Jaringan ini menghubungkan dengan yag di lain kota atau Negara.
Keuntungan :

B. Perangkat Keras Jaringan

1. File Server
Berguna untuk menyimpan data dan dapat diaksesoleh semua pengguna jaringan komputer.Bertugas mengontrol komunikasi dan informasi di antara node atau komponen dalam suatu jaringan.
2. Network Interface Card (NIC)
Perangkat yang menyediakan media untuk menghubugkan antarkomputer.
3. Ethernet Card
Biasanya dijual terpisah.

4. LocalTalk Connector (Konektor LocalTalk)
Adalah kartu jaringan yang untuk komputer Macintosh, menggunkaan adaptor khusus dan kabel yang terpasang ke port untuk printer.
5. Token Ring Card
Terlihat hamper sama dengan kartu jaringan Ethernet. Pembedanya adalah tipe konektor di belakang kartu jaringannya. Disabungkan ke kabel network.
6. Hub atau Konsentrator
Adalah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaraingandari tiap workstation, server, atau perangkat lain.
7. Bridge atau jembatan
Adalah sebuah perangkat yang menghubungkan beberapa jaringan untuk mendapatkan jaringan ynag efisien. Dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiapsegmen komputer pada jaringan di sekitarnya.
Bridge juga dapat digunakan untuk koneksi jaringan ynag menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.
Bridge mengatur agar informasi di antara kedua sisi jaringan tetap berjalan dengan baik dan teratur.
8. Router
Berfungsi mencari jalur terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal. Sebuah router dapat mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet.

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s